Share berita , info, dan kegiatan SMP, SMA, Madin, PonPes Al Ishlah Tanggungharjo

Jumat, 28 April 2017

Program Tahfiz Al Quran SMP Al Ishlah Tanggungharjo

Pagi ini, Ahad (12/3) Siswa-siswi kelas IX program Tahfidz mengadakan kegiatan simaan Quran. Kali ini seluruh siswa program unggulan secara estafet melantunkan ayat demi ayat pada juz 8. Tujuannya kembali mengingat hafalan mereka agar tidak lupa ayat-ayat yang telah dihafalkan. Selain itu juga melatih mental agar tidak canggung jika harus simaan nantinya saat sudah terjun di lingkungan masyarakat, tutur guru mapel Tahfidz. Acara ini dilangsungkan di ruang perpustakaan sekolah dengan didampingi guru pendamping Tahfidz Alquran. 

Di SMP AL-ISHLAH Tanggungharjo sudah berjalan 3 tahun program unggulan Tahfidz Alquran. Dimuali kelas 7 sampai kelas 9 sudah ada kelas khusus. Seleksi masuk kelas Tahfidz dilakukan di kelas 7 saat pertama kali pembagian kelas. Siswa yang lolos seleksi akan masuk kelas unggulan, sedangkan yang tidak lolos masuk kelas reguler. Seluruh siswa-siswi di kelas unggulan diwajibkan untuk menghafalkan Alquran yang dilakukan pada jam pelajaran tahfidz, sebanyak 10 jam pelajaran selama satu minggu. Target hafalan setiap siswa selama satu semester sebanyak 1.5 juz, dan selama satu tahun harus menyelesaikan hafalan 3 juz. "Alhamdulillah selama satu semester banyak yang sudah melebihi target, satu tahun juga banyak yang hafal melebihi target" jelas guru mapel Tahfidz.

Program hafalan ini juga bisa dilanjutkan ke jenjang SMA jika sudah lulus dari SMP AL-ISHLAH. Yayasan AL-ISHLAH juga menyediakan jenjang SMA untuk melanjutkan program Tahfidz, Harapannya Siswa-siswi bisa menyelesaikan hafalan sampai khatam 30 juz. "tujuan program ini untuk menanamkan kecintaan terhadap Alquran bagi generasi muda, menghafal dan semoga juga bisa mengamalkan Alquran" ungkap Waka Kurikulum.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Program Tahfiz Al Quran SMP Al Ishlah Tanggungharjo

0 komentar:

Posting Komentar